Tour Ke - 17 dilaksanakan di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2012 Pukul 08.00 WIB.

Minggu, 29 Juli 2012

Candi Pamotan 1 dan 2

Posted by BlogE Arek Sidoarjo On 20.07 3 comments



“ PETILASAN WATU TULIS “

Kata pamotan biasa di pakai sebagai gelar jabatan yang di berikan kepada salah seorang keluarga majapahit. Penyandang gelar pamotan berkuasa atas daerah pamotan sebagai raja muda atau penguasa daerah.

Oleh karena itu pamotan merupakan negara daerah yang sangat penting pada zaman kerajaan mojopahit. Kekuasaan atas daerah itu selalu di rangkap oleh tokoh yang sudah memegang kekuasaan atas negara daerah lain. Contohnya adalah Bhre pamotan 1, yakni wijaya rajasa yang juga bergelar bhre wengker.
Namun demikian apakah bisa diartikan bahwa candi pamotan merupakan salah satu peninggalan kerajaan mojopahit .hal itu masih merupakan dugaan yang kebenaranya masih harus di teliti secara arkeologis ( ilmu purbakala ).

Keterangan bentuk candi pamotan :
  • Lokasi : desa pamotan, kecamatan porong, kab sidoarjo.
  • Bahan : batu bata
  • Ukuran :
Panjang : 4,8 m
Lebar : 4,8 m
Tinggi : 2,5 m


Berbeda dengan Candi Pari dan Candi Sumur. lokasinya di Desa Candi Pari, tak jauh dari Pamotan--Candi Pamotan jauh lebih sederhana.
Dibuat dari bata merah,
Yang dikelilingi lubang persegi panjang yang tergenang air bila hujan.

Walujo BA, penilik kebudayaan, dalam catatannya menyebutkan, Candi Pamotan diteliti pertama kali oleh GLA Brandes, orang Belanda, pada 1903. Namun, hingga 1921 candi ini tak pernah dikunjungi para ahli. Baru tahun 1923 NJ Krom, ahli purbakala, menulis tentang candi ini.

Menurut Krom, bentuk profil Candi Pamotan lazim digunakan pada candi-candi di Jawa Timur.

Tak jauh dari situ, sekitar 50 meter, ada satu lagi tumpukan batu bata mirip candi. Dikelilingi hutan bambu, suasana di situ terasa teduh, sejuk, gelap, dan dipercaya mengandung kekuatan supranatural. Candi itu belum punya nama, sehingga gampangnya disebut Candi Pamotan 2.

"Tapi orang-orang biasa menyebut tempat keramat,"
Di samping candi penuh lumut hijau ini ada sebuah arca yang kepalanya sudah hilang. Beberapa waktu lalu, katanya, kawasan itu dikunjungi pemerintah baik dari Dinas Pariwisata Sidoarjo maupun Dinas Purbakala. Semua sepakat bahwa Candi Pamotan 2 merupakan bangunan cagar budaya seperti Candi Pamotan I di sebelahnya.

"Tapi sampai sekarang tidak ada kelanjutannya. tidak diurus dan dibiarkan saja,"

warga Pamotan cukup menghormati barang-barang bernilai sejarah, sampai sekarang tidak ada
orang Pamotan yang merusak, apalagi mencuri batu bata itu.
Candi Pamotan 1 dan Pamotan 2 yang tak terurus membuat situs penting ini belum menjadi objek kunjungan masyarakat. Jangankan warga luar Sidoarjo, warga di kawasan Candi Pamotan pun belum tahu lokasi persisnya.
Dari daftar tamu, tampak sekali kalau Candi Pamotan hanya sekali-sekali dikunjungi petugas Dinas Purbakala atau pelajar/mahasiswa yang mendapat tugas dari gurunya.










3 komentar:

Terus mencari jejak jejak sejarah

Blog ini http://sidoarjorek.blogspot.com
Berganti menjadi
https://xpedisimandhala.blogspot.com
Trimkasi

Blog ini http://sidoarjorek.blogspot.com
Berganti menjadi
https://xpedisimandhala.blogspot.com
Trimkasi

Posting Komentar

Tuliskan Comentar Anda