Tour Ke - 17 dilaksanakan di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2012 Pukul 08.00 WIB.

Minggu, 29 Juli 2012

Candi Wangkal

Posted by BlogE Arek Sidoarjo On 19.59 No comments

“ PETILASAN WATU TULIS “


Candi wangkal terletak di desa wangkal kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Situs Candi Wangkal terletak di area persawahan dan lahan tebu. Di area tersebut terdapat Genengan (gundukan) tanah itu biasanya di gunakan untuk bahan pembuatan batu bata, salah satu orang yang membuat batu bata adalah bapak Manu beliau setiap harinya membuat batu bata untuk di jual, dan tanahnya di ambil dari gundukan tersebut. Pada saat itu desa wangkal di gemparkan dengan penemuan batu besar yang berbentuk persegi panjang di area kebun, yang menemukan adalah bapak Manu.
Proses penemuan Candi Wangkal bermula pada saat menggali tanah untuk di jadikan batu bata. Di tengah – tengah penggalian tanah beliau istirahat dan tertidur. Pada saat itu bapak Manu bermimpi bertemu dengan seseorang yang menyuruh menggali tanah hingga menemukan suatu benda. Saat terbangun dari tidurnya beliau bergegas menggali tanah untuk mengikuti perintah yang ada di dalam mimpinya.
Saat menggali tanah hingga rata, terlihat sebuah batu besar berbentuk persegi panjang. Dan di samping batu tersebut terdapat batu bulat yang saling berdampingan .dan saling menjaga (konon katanya tugu yang mengibaratkan batu asa).
Setelah melakukan pengamatan ,situs candi wangkal dapat berfungsi sebagai tugu. Yang berbentuk persegi / prisma. Panjang situs 1,5 M dan luas lahan 12 M dan tinggi belum bisa di pastikan karena tertimbun di dalam tanah. Situs candi wangkal ini sebagian besar masih terpendam di dalam tanah. Hanya di bagian paling atas yang terlihat, informasi dan keterangan candi yang berada di dalam tanah masih sangat minim .tapi yang jelas bagian yang di dalam tanah memiliki lubang pintu, menurut bapak Manu setelah di selidiki.
Di dalam candi pernah di temukan sebuah keris yang sekarang di letakan di Museum Nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Comentar Anda