Tour Ke - 17 dilaksanakan di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2012 Pukul 08.00 WIB.

Sabtu, 28 Juli 2012

“ PETILASAN WATU TULIS “

Posted by BlogE Arek Sidoarjo On 16.12 2 comments



Di sebuah desa yang terletak di Kecamatan Prambon yang bernama Watu Tulis, terdapat sebuah peninggalan bersejarah kerajaan Kahuripan. Peninggalan sejarah tersebut yaitu 2 makam dan disampingnya terdapat tumpukan yang dulunya sebuah candi. Dengan motif relief yang beraneka ragam diantaranya relief wanita, relief kala (Buto), relief dua orang dan ukiran – ukiran.
Selain itu di area petilasan terdapat bahan dan alat – alat untuk melakukan ritual antara lain tempat bunga, tempat dupa, payung tinggi berwarna kuning. Kebanyakan ritual – ritual yang dilakukan adalah untuk mendapatkan rizki, mencari wangsit dan meminta pertolongan kepada tuhan. Disamping petilasan tersebut juga terdapat 2 kolam air berbentuk persegi yang dipercaya sebagian warga dapat digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit.
Petilasan tersebut letaknya di area persawahan warga dan terdapat dua pohon besar yang mengitarinya.
beberapa batu petilasan ini pernah diambil untuk menyumbat semburan Lumpur di Porong pada saat gencar – gencarnya semburan, tidak lama setelah itu semburan lumpur  banyak berkurang. Ujar pak Buadi sang juru kunci.

2 komentar:

Blog ini http://sidoarjorek.blogspot.com
Berganti menjadi
https://xpedisimandhala.blogspot.com
Trimkasi

Blog ini http://sidoarjorek.blogspot.com
Berganti menjadi
https://xpedisimandhala.blogspot.com
Trimkasi

Posting Komentar

Tuliskan Comentar Anda