Tour Ke - 17 dilaksanakan di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2012 Pukul 08.00 WIB.

Sabtu, 28 Juli 2012

“ CANDI DARMO ”

Posted by BlogE Arek Sidoarjo On 16.22 1 comment


Candi Darmo berdiri di desa candi Negoro kecamatan Wonoayu kabupaten sidoarjo. Candi tersebut tersusun atas tumpukan batu merah besar yang mempunyai tinggi 10,48 m .lebar 10,77 m. Dan tinggi 13,50 m. 

Catatan mengenai candi darmo yang pertama dapat dilihat pada laporan belanda yang ditulis pada tahun 1905 – 1913 dan 1914 – 1915.
Secara keseluruhan candi darmo merupakan gapura yang berbentuk garuda padu raksa yang dalam ilmu kepurbakalaan yaitu gapura yang bagian atasnya ( atap ) menjadi satu.
Sebab ada gapura lain yang bentuk atasnya terpisah seolah – olah ditarik ke kanan dan  ke kiri. Bentuk gapura yang atapnya terpisah seperti itu didalam kepurbakalaan disebut candi benta atau gapura bela.
Gapura atau candi darmo ini hampir serupa dengan gapura bajang ratu bekas peninggalan majapahit yang ada di trowulan.
Pintu masuk candi darmo mengarah pada poros barat timur dari bagian – bagian yang tersisa untuk diketahui bahwa dulunya gapura ini mempunyai pagar tembok atau sayap.
Untuk mengetahui kapan dan oleh siapa candi ini dibuat atau dibangun belum dapat dipastikan dan diketahui sebab memang belum ada sumber secara tertulis atau angka tahun yang menyebutkannya, hanya saja dari segi bangunannya para ahli menduga candi darmo berasal dari abad ke 14.

1 komentar:

Blog ini http://sidoarjorek.blogspot.com
Berganti menjadi
https://xpedisimandhala.blogspot.com
Trimkasi

Posting Komentar

Tuliskan Comentar Anda