Tour Ke - 17 dilaksanakan di Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2012 Pukul 08.00 WIB.

Minggu, 29 Juli 2012

Prasasti Kamalagean

Posted by BlogE Arek Sidoarjo On 19.33 2 comments

“ PETILASAN WATU TULIS “

Menurut pak osin sang juru pelihara prasasti, sekaligus penjual nasi bebek. Bahwa prasasti kamalagean yang terletak di :
Desa : Tropodo
Kecamatan : Krian
Kabupaten : Sidoarjo
Provinsi : Jawa timur
Merupakan peninggalan dari “ kerajaan kahuripan “ dengan fakta sejarah prasasti ini di tulis dengan huruf dan bahasa jawa kuno. Isinya menyebutkan di bangunya sebuah bendungan ( Dam ) di wringin sapto oleh raja Airlangga ( raja kediri ) bersama – sama dengan rakyat. Sebelum bendungan itu di bangun, di katakan bahwa sungai brantas ( sugai bengawan ) selalu banjir dan airnya meluap ke beberapa desa dan tanah perdikan. Untuk menjaga dan memelihara bendungan tersebut, di tetapkanlah desa Kamalagyan (Kamalagean ) untuk menjadi daerah perdikan atau daerah bebas pajak pada tahun 959 saka.
Prasasti kamalagean ini berukuran :
Panjang : 115 cm

Tebal : 28 cm
Tinggi : 215 cm
Bahan : Batu kali ( batu andesit )

Selain itu sedikit banyak cerita warga yang berkebang dan di jadikan kepercaan,
Prasasti kamalagean ini di keramatkan warga sekitar dan juga sering di gunakan sebagai tempat untuk melakukan tradisi turun temurun. Seperti tumpengan di area prasasti. Jika ada warga yang mempunyai hajat apabila tidak melaksanakan ritual di prasasti kamalagean ini di yakini kebanyakan hajatnya tidak sepurna ( ada kekacauan )
Orang berkunjung ke prasasti itu dan bernadzar sesuatu maka nadzarnya harus di lakukan , jika tidak di laksanakan celakalah orang tersebut. .

2 komentar:

Blog ini http://sidoarjorek.blogspot.com
Berganti menjadi
https://xpedisimandhala.blogspot.com
Trimkasi

Posting Komentar

Tuliskan Comentar Anda